Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1438 H - 2017 M

Diperbarui: 2017-2-11 07:01

Buat dan unduh jadwal imsakiyah dan shalat selama bulan Ramadhan dalam bentuk online, PDF atau Excel

Jadwal Imsakiyah Ramadhan

Halaman ini dapat digunakan untuk membuat jadwal imsakiyah bagi kota-kota atau lokasi di seluruh Indonesia, Malaysia, Singapura, Hongkong, Australia, Jepang, Taiwan, Arab Saudi, Mesir, Pakistan, India, Bangladesh, dan negara lainnya di dunia. Jadwal dapat diunduh dalam format tabel teks, PDF atau Excel. Data lokasi diperoleh melalui layanan Peta Google dan layanan geocoding lainnya. Perhitungan waktu sholat berdasarkan kriteria MABIMS atau Kementerian Agama Republik Indonesia untuk wilayah ASEAN. Wilayah lain mengikuti kriteria yang berlaku di masing-masing negara atau kriteria standar atau sesuai pilihan pengguna.

Buat Jadwal Imsakiyah

Kapan 1 Ramadhan dan 1 Syawwal 1438 H?

Catatan:
Tanggal awal dan akhir Ramadhan dalam kalender ini adalah hasil data hisab. Keduanya dihitung berdasarkan kemungkinan bisa dilihatnya bulan sabit secara global di mana saja di dunia (imkanur rukyat atau rukyatul hilal global). Keputusan Pemerintah Indonesia bisa saja berbeda dengan perhitungan ini.

1 Ramadhan 1438 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017

1 Syawal 1438 Hijriyah jatuh pada Ahad, 25 Juni 2017

Tanggal di atas adalah berdasarkan data kemungkinan terlihatnya bulan sabit sebagaimana dikeluarkan oleh program online HilalMap:

Peta Visibilitas Bulan Sabit Ramadhan 1438 H [+]

peta visibilitas hilal ramadhan 1438 H pada petang hari Sabtu, 26 Mei 2017

Pada petang hari Sabtu, 26 Mei 2017, bulan sabit awal Ramadhan 1438 H akan bisa terlihat di wilayah Indonesia jika cuaca cerah dan sebagian besar negeri-negeri muslim lainnya termasuk Arab Saudi. Hanya wilayah Jepang, Australia, dan New Zealand yang sulit untuk menyaksikan hilal awal Ramadhan hari Sabtu ini.Dengan demikian, berdasarkan imkan rukyat, 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada hari Ahad, 27 Mei 2017 untuk Indonesia.

Peta Visibilitas Bulan Sabit Syawal 1438 H [+]

peta visibilitas hilal syawal 1438 H pada petang hari Sabtu, 24 Juni 2017

Pada petang hari Sabtu, 24 Juni 2017, wilayah Indonesia dan sebagian besar Asia, Australia dan wilayah Pasifik tidak akan bisa melihat bulan sabit secara kasat mata. Hanya wilayah Afrika dan Amerika yang lebih mudah bisa menyaksikan hilal Syawal pada hari Sabtu ini. Oleh karena itu, berdasarkan imkan rukyat (kemungkinan bulan sabit bisa dirukyat), secara global 1 Syawal 1438 H jatuh pada hari Ahad, 25 Juni 2017. Namun berdasarkan imkan rukyat lokal, untuk wilayah Indonesia, hari Senin, 26 Juni 2017 baru masuk 1 Syawal 1438 H.

Berdasarkan kriteria wujudul hilal Muhammadiyah, 1 Syawal 1438 H jatuh pada hari Ahad, 25 Juni 2017 untuk wilayah Indonesia.

Buat Jadwal Imsakiyah PDF atau Excel

Lokasi anda akan dideteksi secara otomatis jika memungkinkan. Namun anda dapat juga mencari kota lain di seluruh indonesia untuk dibuatkan jadwal imsakiyahnya.

Mulailah dengan memasukkan nama kota yang anda inginkan pada formulir di bawah ini. Format: "Nama Kota, Nama Propinsi" atau "Nama Kecamatan, Nama Propinsi" biasanya bekerja.

Peta Lokasi
KETIK nama lokasi di bawah ini. Peta juga bisa digunakan dengan geser dan klik tempat.
  • [?]
    Ketikkan alamat, kelurahan, kecamatan atau kota. Contoh: Desa Pasir Jambu, Kabupaten Bogor atau Pahang, Malaysia atau Brisbane, AU atau 21.45,39.85 (lintang, bujur dalam desimal).
Info Lokasi
  •   [?]
    Masukkan koordinat lintang tempat dalam bentuk desimal (Utara positif, Selatan negatif).
  •   [?]
    Masukkan koordinat bujur tempat dalam bentuk desimal (Timur positif, Barat negatif).
  •   Ubah [?]
    Zona waktu kota/tempat anda. Silahkan dibetulkan jika zona waktu salah. Pilihan di sini akan mempengaruhi waktu sholat yang ditampilkan.
  • m. [?]
    Ketinggian lokasi dari permukaan laut dalam meter.
Tampilan Imsakiyah
[+] Pengaturan Lanjutan
Imsakiyah Ramadhan telah diunduh 93 kali. Terakhir: Jakarta-DKI (22 February 2017, 09:30 WIB).
Daftar Unduhan PDF/Excel Imsakiyah Ramadhan

Bagaimana layanan ini menurut anda?

Komentari!

© 2008 - 2017 alhabib | RSS | Blog | Hubungi | Oleh Habib bin Hilal |

street