HilalMap: Peta Visibilitas Hilal

versi 1.0
HilalMap - Logo

HilalMap adalah layanan online yang merupakan penerapan perhitungan falakiyah (astronomis) untuk membuat peta visibilitas hilal atau bulan sabit dalam menentukan awal bulan kalender hijriyah. Peta visibilitas bulan sabit bisa membantu dalam Rukyatul Hilal untuk lokasi tertentu. Peta visibilitas hilal ini juga menunjukkan derajat kesulitan dalam melihat bulan sabit tersebut:

Peta visibilitas hilal ini, selain membantu dalam rukyatul hilal, ia juga bisa digunakan untuk menentukan kapan bulan hijriyah dimulai. Dengan kata lain, peta ini bisa digunakan untuk membuat Kalender Islam. Dari peta visibilitas bulan sabit ini, bisa diketahui pada tanggal berapa bulan sabit (hilal) bisa dilihat pertama kali dalam setiap awal bulan hijriyah.

Peta visibilitas hilal biasanya dibuat untuk melihat kemungkinan hilal bisa dirukyat (imkan rukyat) pada hari saat terjadinya ijtima' (konjungsi bulan) atau sehari setelah ijtimak.

Aplikasi ini masih dalam versi beta dan dalam pengembangan. Kode algoritma yang digunakan melibatkan penghitungan berulang yang cukup banyak. Pembuatan peta imkan rukyat (kemungkinan hilal bisa dirukyat) akan memerlukan waktu sekitar 20 detik (untuk peta yang belum tersimpan di server kami).

Silakan tulis masukan dan komentar pada bagian bawah halaman HilalMap ini

Bagaimana layanan ini menurut anda?

Komentari!