Penanggalan Hijriyah

Pengubah Tanggal Masehi dari/ke Hijriyah

Gunakan formulir pengubah kalender masehi dari/ke hijriyah di bawah ini untuk mencari tanggal yang ingin anda ketahui. Ubah kolom tanggal, bulan, dan tahun dalam kolom masehi kemudian klik tombol UBAH. Informasi tanggal hijriyah akan ditampilkan beberapa saat kemudian.

Kapan tanggal lahirmu dalam kalender hijriyah?





Pastikan hanya angka yang anda ketik. Jangan ada spasi di depan/belakang angka.

Sedang menghitung tanggal hijriyah... Informasi akan dimunculkan di bawah ini:
Apakah ini tanggal lahirmu?

 

Konversi Tanggal Hijriyah ke Masehi





Pastikan hanya angka yang anda ketik. Jangan ada spasi di depan/belakang angka.

Sedang menghitung tanggal masehi... Informasi akan dimunculkan di bawah ini:


Tanggal hijriyah dalam kehidupan muslim

Tahukah kamu, jika kamu menggunakan kalender hijriyah untuk menghitung umurmu, maka usiamu akan bertambah 1 tahun setiap 33 tahun umur masehimu? Artinya, jika usiamu 33 tahun dalam hitungan masehi, maka umurmu adalah 34 tahun menurut kalender hijriyah. Jika kamu menghitung ulang tahunmu berdasarkan kalender hijriyah, ulang tahunmu akan maju sekitar 11 hari setiap tahun masehi.

Mengapa temanmu dipanggil Syawal atau Ramadhan? Mungkin memang mereka lahir di bulan-bulan tersebut dalam kalender islam. Atau anda ingin memberi nuansa islam dalam hari-hari penting dalam hidupmu? Kapan hari pernikahanmu dalam kalender islam? Kapan hari lahir putri-putrimu dalam kalender islam. Kapan hari lahir ayah dan ibumu dalam kalender islam? Berikan kejutan di hari yang terlupakan dalam kalender islam untuk sahabatmu.

Sejak runtuhnya kekhalifan islam dan dunia islam di bawah kekuasaan imperialisme barat, sistem penanggalan masehi menjadi rujukan utama dalam kehidupan keseharian. Bahkan di negeri-negeri kaum muslimin, penanggalan masehi lebih populer dibandingkan kalender hijriyah. Tak banyak yang hafal nama-nama bulan hijriyah apalagi menyebutkan urutannya. Bulan ramadhan, misalnya, seberapa banyak orang yang tahu bahwa itu adalah bulan ke-9 dalam penanggalan hijriyah atau taqwim hijri.

Mari kita populerkan penggunaan kalender islam. Paling tidak untuk diri pribadi kita sendiri.

Catatan Mengenai Tanggal pada Pengubah Kalender Hijriyah/Masehi

Kalender Masehi, secara historis memiliki dua jenis kalender utama: Kalender Julian dan Kalender Gregorian. Kalender masehi versi julian diperbaiki oleh versi Gregorian untuk menyesuaikan dengan perputaran bumi mengelilingi matahari pada 15 Oktober 1582 M.

Untuk keperluan pengubahan tanggal masehi ke hijriyah di atas, kami menggunakan kalender julian untuk tanggal-tanggal sebelum tahun 1582 M. Tanggal-tanggal peristiwa islam di era Nabi Muhammad atau para shahabat masuk dalam era kalender julian. Jika dihitung menggunakan kalender era masehi moderen, tanggal yang ditunjukkan bisa jadi berbeda. Misalnya, tanggal awal tahun Hijriyah, 1 Muharram 1 H dalam kalender masehi adalah 16 Juli 622 M menurut era Julian, namun 19 Juli 622 M menurut era gregorian. Perbedaan seperti ini bisa muncul di dalam berbagai referensi sejarah islam.

Sementara itu, penanggalan hijriyah baru diresmikan penggunaannya oleh Khalifah Umar bin Khattab di masa pemerintahannya. Di masa Nabi Muhammad, kalender islam atau kalender hijriyah belum ada secara resmi. Bahkan di masa awal kenabian, kalender yang berlaku di negeri Arab tidaklah kalender qomariyah murni. Alhasil, agak sulit untuk bisa memastikan tanggal-tanggal hijriyah untuk peristiwa-peristiwa penting kaum muslimin di masa lalu.

Bagaimana layanan ini menurut anda?

Komentari!

© 2008 - 2017 alhabib | RSS | Blog | Hubungi | Oleh Habib bin Hilal |

street